Pemanasan Global Tidak Mempengaruhi Terumbu Karang Wakatobi

Diposkan oleh Hariru | Wednesday, July 01, 2009 | | 1 Komentar »

Balai Taman Nasional Wakatobi sudah melakukan penelitian mengenai pemanasan global terhadap terumbu karang yang terdiri dari Ekropora, Mantipora, Leptoseris, Pavona, coeleselis, stylocoenielle, euphyllia, lubasttrea, dan turbinaria di Wakatobi. Hasilnya tidak berpengaruh terhadap pemanasan global sebab di kawasan Wakatobi banyak terdapat upwelling atau perputaran arus laut di sekitar laut Wanci, Kaledupa, Tomea, dan Binongko sehingga terumbu karang akan tetap hidup.

Kepala Tata usaha Balai Taman Nasional Wakatobi, Errys M, mengatakan, sinar matahari menembus permukaan laut dengan adanya upwelling, air laut akan normal sehingga pada saat matahari panas di atas permukaan laut dan menembus permukaan air ke dalaman 20 meter maka upwelling akan berputar menormalkan kondisi air di sekelilingnya sehingga terumbu karang tidak mati kepanasan.

"Mengenai terumbu karang yang mati ini bukan dari pemanasan global tapi biasanya warga menggunakan potas atau bom untuk membunuh ikan. sebenarnya bukan hanya ikan saja yang mati, tapi terumbu karang dan telur-telur ikan akan ikut mati dalam 1 menit bila menggunakan potas atau bom."katanya.

Ditambahkan lagi, Jadi dengan menggunakan potas dan bom maka ekosistem laut (terumbu karang/Rumah Ikan) akan Mati sehingga di sekitar terumbu karang tersebut tidak ada lagi ikan dan bisa jadi ikan akan berkurang tiap tahunnya karena tempat berlindungnya di rusak.

Kata dia, terumbu karang ini adalah sumber kehidupan di laut perlu kita menjaga dan memelihara terumbu karang agar tidak mati sehingga ikan akan berkembang biak lebih banyak dan bisa jadi di tempat tersebut akan banyak ikannya.(m5)

Sumber : radarbuton.com



Artikel Terkait:

1 Komentar

  1. Anonymous // July 5, 2009 at 2:28 PM  

    sip,...
    mana bannernya bos, biar saya link

Post a Comment