Inggris Harapkan Wakatobi Jadi Pusat Unggulan Maritim

Diposkan oleh Hariru | Friday, July 31, 2009 | | 0 Komentar »


Kabupaten Wakatobi terletak di kepulauan jazirah Tenggara Pulau Sulawesi memiliki luas daratan 823km persegi dan lautan diperkirakan sekitar 18.377,31 kilometer (km) persegi dengan kekayaan anekaragam hayati laut itu menarik ilmuwan dan penanam modal Inggris.
Bahkan, Bupati Wakatobi diundang ke gedung Parlemen Inggris Wesminster yang berada satu komplek dengan jam gadang di London, Big Ben, yang menjadi obyek wisata dan pinggir sungai Thames guna membahas perkembangan Wakatobi.
Bersama Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Laode Ida, belum lama ini Bupati Wakatobi, Hugua, bertemu berbagai kalangan di Kerajaan Inggris yang ingin menjadikan pulau yang berbatasan dengan Laut Banda disebalah Timur dan Laut Flores di selatan sebagai pusat unggulan maritim.
Di Kantor Parlemen Inggris, Hugua dan Laode Ida bersama Ken Clark, mantan menteri keuangan Inggeris dua periode, Dr. George W. Bacceloni dari Yayasan Walllacea, Tony Whiten dari Bank Dunia, Washington serta Piotr Malinowski, Managing Director, Medicago, dan Tim Coles dari Operation Wallacea membicarakan nasib berbagai ragam hayati yang dimiliki Wakatobi.
Siapa yang tidak tertarik dengan Wakatobi yang memiliki potensi ekonomi dengan kekayaan dan keanekarakan hayatinya serta menjadi tempat segitiga terumbuh karang terbesar di dunia. The future of the world, demikian salah satu puji wisatawan Mike King yang berkunjung ke Wakatobi pada September 2008.
Dalam pembicaraan dengan dua lembaga penting di Inggris BioRegional Development Group dan Royal Geographical Sociaty, Ir Hugua mengatakan Ben Gill ,anggota BioRegional Group tertarik membangun kerjasama dengan Kabupaten Wakatobi melalui program One Living Planet.
Source: www.antara.co.id



Artikel Terkait:

0 Komentar

Post a Comment