Fungsi SUMIF dengan Sebagian Kata Kunci-Excel 2007

Diposkan oleh Hariru | Sunday, November 28, 2010 | | 0 Komentar »

Pada postingan sebelumnya tentang Fungsi SUMIF, telah dijelaskan tentang cara penggunaan dan penulisan Fungsi SUMIF dalam kertas kerja Excel 2007.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan mempelajari bagaimana cara penulisan Fungsi SUMIF dengan sebagian kata kunci (sebagian kriteria). Supaya tidak bingung, perhatikan contoh pada gambar di bawah ini :


Pada gambar di atas, di sisi kiri adalah data sumber, dan di kanan adalah hasilnya. Grouping data itu ditentukan warnanya, di situ kita bisa lihat bahwa ada bermacam-macam jeruk dan bermacam-macam coklat. Konsep dasarnya tetap menggunakan SUMIF, dengan melakukan sedikit modifikasi tentunya. Pada kriteria yang dicari, kita apit dengan tanda "*" (tanda bintang) sehingga SUMIF ini akan mencari data sumber yang mengandung kata kunci. 

Pada contoh di atas, Fungsi SUMIF kita ketikkan pada sel F3, formulanya adalah sebagai berikut : =SUMIF($B$3:$B$12,"*"&E3&,"*",$C$3:$C$12), kemudian copy ke range F4 sampai F16.


Penjelasan : 
  1. =SUMIF( [range], [criteria], [sum range] ) berfungsi untuk menjumlahkan data pada [sum range] jika data pada [range] memenuhi [criteria]
  2. ...."*"&E3&"*"... artinya menyatakan bahwa formula pada F3 mencari semua yang memenuhi kriteria "*ayam*". Artinya semua kata di B3:B12 yang mengandung "ayam" akan dijumlahkan.
Contoh file dapat Anda download di sini
sumber : xl-mania.com



Artikel Terkait:

0 Komentar

Post a Comment