Cara Mengatasi Kesedihan Akibat Kehilangan Orang Yang Dicintai

Diposkan oleh Hariru | Saturday, December 04, 2010 | | 0 Komentar »

Kematian orang yang sangat kita sayangi seringkali terasa sangat menyakitkan. Duka setelah kehilangan salah seorang yang sangat kita sayangi merupakan pengalaman yang membingungkan dan proses pemulihan perasaan biasanya sangat rumit dan butuh waktu yang lama.


Tanpa pengetahuan yang tepat tentang bagaimana cara agar kita dapat keluar dari kesedihan kita dengan cepat, mungkin kita tidak akan mampu  keluar dari pengalaman menyakitkan itu. Di bawah ini ada 5 cara agar Anda mampu keluar dari kesedihan akibat kehilangan orang yang Anda sayangi :
  1. Bersabarlah. Biasanya kesedihan yang kita alami dipengaruhi oleh sejauh mana kedekatan kita dengan orang yang meniggalkan kita. Semakin dekat kita, maka waktu yang dibutuhkan untuk melupakan orang itu akan semakin lama. Olehnya itu, Anda harus bisa bersabar karena mungkin saja, Anda membutuhkan waktu yang lama untuk bisa melupakan orang yang meniggalkan Anda.
  2. Bersikaplah jujur pada perasaan Anda. Tuangkan segala perasaan dan emosi Anda ke dalam tulisan atau catatan tentang perasaan Anda terhadap kekasih Anda. Segala hal yang Anda rasakan, kebaikan ataupun kejelekan (positif atau negative). Biarkan diri Anda  jujur tentang perasaan Anda yang sesungguhnya mengenai kematian kekasih Anda.
  3. Beri diri Anda banyak istirahat. Pastikan bahwa Anda cukup tidur dan cukup makan. Dengan tidur dan asupan gizi yang cukup dapat melahirkan keajaiban dalam proses penyembuhan dan kestabilan emosi dan perasaan Anda.
  4. Cari teman yang dapat membantu Anda melalui masa sulit ini. Carilah teman atau sahabat terdekat Anda yang akan mendengarkan dan memahami kesedihan Anda. Teman curhat sangat penting untuk proses pemulihan peraaan Anda.
  5. Biarkan diri Anda menangis sesering yang Anda butuhkan. Hal ini penting, terutama pada  saat-saat awal Anda berduka. Ingatkan diri Anda bahwa adalah normal untuk menangis setelah kematian orang penting dalam hidup Anda.
  6. Ikhlaslah. Tanamkan dalam diri Anda, bahwa bila ada pertemuan pasti ada perpisahan. Bahwa segala yang hidup pasti akan mati. Pahamilah bahwa itu adalah kodrat, semua orang akan mengalaminya. Pasrahkan diri Anda kepada Tuhan dan biarkan jiwa Anda dalam ‘genggaman-Nya’ niscaya kesedihan Anda akan sirna.
Semoga bisa membantu.



    Artikel Terkait:

    0 Komentar

    Post a Comment